Menkeu Bahas Pendirian "Mega Islamic Bank" Bersama Islamic Development Bank dan Turki

Kompas.com - 23/04/2016, 09:30 WIB
Menkeu Bambang PS Brodjonegoro Fransiskus Simbolon/KONTANMenkeu Bambang PS Brodjonegoro
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Bambang Brodjonegoro melakukan pertemuan Three Partite dengan Presiden Islamic Development Bank (IDB) dan Wakil Perdana Menteri Turki yang merangkap juga sebagai Menteri Keuangan membahas tentang pendirian "Mega Islamic Bank" (MIB).

Pertemuan itu dilakukan dalam rangka kunjungan Menkeu Bambang ke Amerika pada 12-18 April lalu.

Dalam pertemuan tersebut disepakati untuk adanya koordinasi lebih erat lagi diantara negara-negara yang akan menjadi pendiri dari "Mega Islamic Bank".

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suwahasil Nazara mengatakan selain koordinasi dalam pertemuan tersebut juga membicarakan struktur kelembagaan dan skema bisnis serta pendanaan terhadap pendirian "Mega Islamic Bank".

Sampai saat ini katanya belum ada nominal capital yang dikeluarkan oleh negara-negara pendiri "Selama ini yang dibahas hanya strukturnya saja. Menkeu bersama ADB dan Turki membentuk tim kecil untuk membuat struktur governance ," ujar Suwahasil di Kantor Kementerian Keuangan,  Jumat (22/4/2016).

Menurut Suwahasil butuh waktu 6 bulan untuk merumuskan struktur pendirian "Mega Islamic Bank".

Setelah 6 Bulan merumuskan struktur katanya baru ada pembicaraan mengenai capital.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mewakili Indonesia ikut menghadiri pertemuan IMF-World Bank Spring Meetings di Washington DC Amerika Serikat pada 12-18 April 2016 lalu.

Menkeu Bambang hadir dalam pertemuan tersebut dalam kapasitas sebagai Ketua Development Committe (DC) dan sebagai bagian persiapan Indonesia sebagai tuan rumah sidang tahunan IMF-WB pada tahun 2018 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X