Kemenkop Siap Latih SDM Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 25/04/2016, 06:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan dukungannya terhadap upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang bergerak di bidang jasa perhotelan dan restoran sebagai bagian penting industri pariwisata Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS di Nusa Dua Bali, Minggu (24/4/2016), mengatakan dalam siaran persnya.

"Kami sadar bahwa industri pariwisata merupakan sektor yang paling banyak diperkuat oleh para pelaku koperasi dan UKM sehingga kami sangat mendorong upaya pengembangan SDM yang bergerak di bidang hotel dan restoran," katanya.

Pihaknya siap memberikan dukungan pelatihan dan bimbingan teknis agar SDM yang bergerak di bidang hotel dan restoran semakin berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Untuk kepentingan itu pihaknya menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sebagai organisasi terbesar yang menaungi mereka.

"Industri pariwisata harus didukung oleh SDM yang berkualitas dan berkompeten agar semakin berdaya saing, sehingga sektor ini yang sebagian besar pelakunya adalah UMKM semakin bisa menyejahterakan rakyat," kata Prakoso.

Rakernas PHRI

Pada kesempatan yang sama, pihaknya menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Tahun 2016 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), di Nusa Dua, Badung, Bali.

Menteri Pariwisata Arif Yahya pada kesempatan yang sama secara resmi membuka Rakernas tersebut.

Arief Yahya juga menekankan pentingnya SDM pariwisata yang unggul agar bisa memenangkan persaingan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.