Penjualan Lambat, Pendapatan Apple Diperkirakan Turun Pertama Kali dalam Satu Dekade

Kompas.com - 26/04/2016, 10:30 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Kompilasi analisis data Bloomberg memperkirakan pendapatan perusahaan telekomunikasi Apple pada tahun ini akan mengalami penurunan pertama kali dalam satu dekade. Pernyataaan Bloomberg itu diambil dari data 33 analis tentang kinerja perusahaan Apple.

Menurut data yang dihimpun, penyebab penurunan pendapatan Apple yakni melambatnya penjualan smartphone. Pendapatan Apple pada Januari 2016 sebesar 53 miliar dollar AS turun dari periode yang sama tahun lalu sebesar 58 miliar dollar AS.

Saham Apple juga jatuh 18 persen dalam 12 bulan terakhir di tengah meningkatnya kekhawatiran investor bahwa pelanggan enggan untuk meganti ponselnya dengan yang baru.

Menurut data, penjualan Apple selama ini sebesar 52 miliar dollar AS. Sebanyak 33 analis itu juga memproyeksikan tahun ini Apple akan menjual smartphonenya sebanyak 52 juta unit, jumlah itu turun dibandingkan tahun lalu yang menjual 68,2 juta unit smartphone.

Analis juga menyatakan Apple berencana akan mengembalikan modal kepada investor. Bloomberg memperkirakan Apple juga menaikkan dividen sebesar 57 sen per saham dari 52 sen per saham.

Menurut analis, untuk mengatasi penurunan pendapatan ini, Apple akan mengandalkan aplikasi musik i-Tunes dan aplikasi berbayar Apple Pay, serta mendorong pengguna untuk membeli aplikasi di Apps Store.

Pasar Smartphone

Pertumbuhan penjualan smartphone global diperkirakan akan melambat menjadi 7 persen tahun ini.

Sekitar 150 juta pengguna di kawasan Asia-Pasifik akan menunda membeli smartphone baru selama tiga tahun ke depan sampai harga turun seperti yang mereka inginkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.