PGN Perluas Jaringan Pipa Gas Bumi Muara Karang – Muara Bekasi

Kompas.com - 26/04/2016, 14:25 WIB
Pembangunan pipa gas PGN Muara Karang-Muara Bekasi dok PGNPembangunan pipa gas PGN Muara Karang-Muara Bekasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus memperluas infrastruktur gas bumi nasional, salah satunya adalah pembangunan pipa gas Muara Karang - Muara Bekasi.

Direktur PGN Dilo Seno Widagdo menyebutkan pembangunan pipa gas bumi Muara Karang-Muara Bekasi ini dilakukan guna melayani konsumen, mulai dari rumah tangga, usaha kecil, hotel, restoran, industri hingga pembangkit listrik untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas bumi nasional.

"Panjang pipa gas bumi Muara Karang - Muara Bekasi sekitar 45 km," ujarnya, dalam siaran pers, Selasa (26/4/2016).

Jaringan pipa gas bumi ini akan melalui daerah sekitar Muara Karang, Penjaringan, Koja, Kali Baru di Jakarta, hingga masuk ke wilayah Babelan dan Muara Bekasi di Bekasi.

Jaringan pipa ini didesain dapat mengalirkan gas hingga 200 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Dalam perluasan jaringan pipa gas bumi ini PGN juga aktif melakukan kegiatan kepedulian sosial dan lingkungan di sekitar proyek Muara Karang- Muara Bekasi.

Saat ini PGN semakin agresif dalam membangun infrastruktur gas bumi untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi dan penyerapan produksi gas bumi nasional untuk kepentingan domestik.

PGN telah membangun dan mengoperasikan lebih dari 7.000 km pipa gas bumi.

“Panjang pipa gas bumi PGN itu setara dengan 76 persen pipa gas bumi nasional,” kata Dilo.

Dilo menyatakan dari pipa gas sepanjang lebih dari 7.000 km ini, PGN memasok gas bumi yang hemat dan ramah lingkungan ke lebih dari 107.690 rumah tangga, 1.857 usaha kecil, mal, restoran, hotel, rumah sakit, serta 1.529 industri skala besar dan pembangkit listrik.

PGN menargetkan mulai tahun ini hingga 2019 akan menambah infrastruktur pipa gas bumi sepanjang lebih 1.680 km. Di antaranya adalah proyek pipa transmisi open access Duri-Dumai-Medan, pipa transmisi open access Muara Bekasi-Semarang, pipa distribusi Batam (Nagoya) WNTS-Pemping, dan pipa distribusi gas bumi di wilayah eksisting dan daerah baru lainnya.

"Tambahan pipa gas bumi lebih dari 1.680 km tersebut dibangun dengan investasi PGN sendiri tanpa mengandalkan APBN," tutup Dilo

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X