Kuartal I 2016, Bank Mandiri Fasilitasi Transaksi E-commerce Hingga Rp 1 Triliun

Kompas.com - 27/04/2016, 17:10 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo menyatakan, perseroan terus mendorong pengembangan bisnis perdagangan online (e-commerce) melalui berbagai channel electronic banking.

Jumlah transaksi e-commerce yang telah difasilitasi Bank Mandiri pun meningkat.

Tiko, panggilan akrab Kartika, menuturkan, pada kuartal I 2016, Bank Mandiri telah memfasilitasi transaksi e-commerce hingga Rp 1,013 triliun.

Angka ini naik dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 500 miliar.

Dari nilai transaksi tersebut, channel pembayaran yang paling sering digunakan adalah kartu kredit yang mencapai 45 persen, lalu disusul ATM sebesar 38 persen.

Adapun sisanya menggunakan layanan Mandiri Clickpay dan Mandiri e-cash.

Menurut Tiko, perseroan meyakini perkembangan bisnis e-commerce akan sangat cepat dan masif karena makin terbukanya akses masyarakat terhadap teknologi informasi.

"Untuk itu, para pelaku usaha ini tentu membutuhkan dukungan channel pembayaran yang aman, cepat dan bisa diandalkan. Di sinilah, Bank Mandiri bisa berkontribusi pada perkembangan bisnis ini," kata Tiko dalam keterangan resmi, Rabu (27/4/2016).

Menurut Tiko, transaksi pembayaran e-commerce juga menjadi bisnis yang potensial.

Hal ini terlihat dari nilai transaksi pembayaran e-commerce Bank Mandiri yang mencapai sekitar Rp 3 triliun pada tahun 2015 lalu.

"Artinya kami sudah mencapai sepertiga transaksi tahun lalu hanya dalam tiga bulan. Akhir tahun ini, kami optimis bisa membukukan transaksi hingga sekitar Rp 5 triliun," ungkap Tiko.

Kompas TV Jokowi Resmikan Proyek Infrastruktur di Luar Jawa

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.