Kompas.com - 27/04/2016, 18:49 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto. Kompas.com/Kurnia Sari AzizaDirektur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto.
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menyambangi kantor Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno, dengan membawa serta calon investor pilihan untuk kilang minyak di Tuban, Jawa Timur.

"Sore ini kami dari Pertamina membawa Rosneft untuk audiensi dengan Bu Menteri guna menindaklanjuti proses yang telah berjalan dalam kaitannya dengan rencana pembangunan kilang khususnya di Tuban," kata Dwi kepada wartawan, Rabu (27/4/2016).

Dwi menjelaskan, dipilihnya Rosneft sebagai investor kilang Tuban, karena kemampuan perusahaan asal Rusia itu dalam memproduksi minyak mentah (crude) sangat mumpuni.

Rosneft juga dinilai berpengalaman dalam menghadapi risiko.

"Apalagi kemudian Rosneft menawarkan kerjasama di upstream (hulu). Ini kita audiensi dan kita dengarkan bagaimana komentar dari Bu Menteri maupun Rosneft," kata Dwi.

Dwi mengatakan, pembangunan kilang Tuban dan pabrik petrochemical ditaksir mencapai 11-12 miliar dollar AS dengan kapasitas kilang sebesar 300.000 barel per hari (bph).

Diharapkannya, Pertamina bisa mengambil porsi mayoritas dalam proyek tersebut, atau minimal 55 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dwi menambahkan, pembiayaan kilang Tuban akan berasal dari ekuitas sebesar 40 persen, dan pinjaman sebesar 60 persen.

Sebelumnya dikabarkan, calon investor kilang Tuban mengerucut pada enam perusahaan.

Mereka adalah Rosnef (Rusia), Saudi Aramco (Arab Saudi), CNOOC, Kuwait Petroleum International, PTT GC Thailand, dan Thai Oil (Thailand).



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X