Generation Gap, Peluang Ataukah Ancaman?

Kompas.com - 02/05/2016, 08:26 WIB
Ilustrasi karyawan. istIlustrasi karyawan.
EditorBambang Priyo Jatmiko

                      Oleh Jazak Yus Afriansyah
                                        @jazakYA

"Saya tidak tahu apa yang terjadi pak Jay, yang jelas anak-anak sekarang gampang sekali mutungan. Saya tegur sedikit saja sudah lunglai dan maunya resign saja, padahal dulu saya dimaki atasan saya biasa saja, karena itu saya anggap sebagai bagian dari pengembangan.

Betul yang Pak Jay bilang tadi, generasi sekarang maunya sukses secara instan, padahal saya ada pada posisi ini memerlukan waktu dan proses yang tidak sebentar. Tapi anak buah saya maunya cepat dipromosikan menjadi Manajer, ini yang membuat saya gusar!"

"Saya sungguh tidak mengerti tren apa ini pak? Saya melihat fakta bahwa Turn Over khususnya mereka yang lahir pada tahun 80-an keatas sangat tinggi sekali, padahal di perusahaan saya gaji dan benefit yang kami berikan sangat bersaing!"

Tiga  fakta di atas adalah isu utama yang saat ini mulai menjadi tantangan di dunia kerja. Kaitannya dengan kepemimpinan dan adanya “Generation Gap” atau Jarak Generasi yang begitu lebar di dalam suatu korporasi.

Kita ketahui, saat ini ada tiga generasi yang bercokol di dalam suatu perusahaan. Generasi pertama adalah mereka yang disebut sebagai Generasi X, yaitu beliau yang lahir pada tahun 50-an hingga 60-an. Sudah pasti, generasi ini sekarang menempati posisi strategis Top Management.

Generasi berikutnya adalah mereka yang lahir di era 70-an hingga 80-an, Generasi disebut sebagai Generasi Y. Berdasarkan kajian empiris, saat ini generasi tersebut ada pada posisi Midle Management dan beberapa di Top Management.

Nah ini dia generasi yang sedang hot menjadi bahan kajian bersama sebagaimana tiga kisah nyata di atas, adalah mereka yang lahir pada era 80-an keatas hingga tahun 2000-an.

Beberapa referensi menyebut sebagai Generasi Z atau disebut juga sebagai Generasi Milenia.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi dengan 3 generasi tersebut didalam sebuah perusahaan? Dan apakah ini adalah ancaman atau peluang?

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X