Kompas.com - 02/05/2016, 14:16 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Saleh Husin melakukan kunjungan ke pabrik yang memproduksi garbarata (jembatan penumpang antara ruang tunggu dan pesawat), yakni PT Bukaka Teknik Utama di Cibubur, Bogor, Jawa Barat, Senin (2/05/2016).

Menteri Saleh datang pukul 08.30 WIB bersama Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan. Bersama rombongan,  Menteri Saleh berkeliling meninjau proses produksi dan berbincang dengan pekerja.

Menteri Saleh sempat menaiki garbarata yang tengah dikerjakan oleh pekerja dan berbincang langsung dengan para pekerja. Setelah itu ia juga melihat garbarata yang sudah siap dipakai.

Ia juga melakukan seremoni pelepasan ekspor garbarata ke-474 ke bandara Yamaguchi-Ube, Jepang dan produksi garbarata ke 700 dengan menggunting pita dan pemecahan kendi ke badan truk.

Kapasitas produksi pabrik garbarata tersebut dalam satu bulan mampu membuat 8 unit dengan biaya produksi sekitar Rp 5 miliar sampai Rp 6 miliar dan paling tinggi Rp 7 miliar sampai Rp 8 miliar.

"Tahun lalu produksi 56 unit, 25 unit ekspor ke india, 31 unit untuk dalam negeri," ujar Saptiastuti Hapsari Direktur Operasional PT Bukaka Teknik Utama.

Sementara itu Bukaka Teknik Utama sudah mampu melakukan ekspor garbarata ke 13 negara seperti Jepang, India, China, Singapura, Hongkong, Chili, Myanmar, Thailand.

Kompas TV Pengamanan di Bandara Diperketat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.