Soal Suku Bunga Deposito, Perbankan Saling Intip

Kompas.com - 02/05/2016, 15:46 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah mengatakan, masih ada ruang bagi LPS untuk menyesuaikan suku bunga penjaminan alias LPS Rate.

Namun demikian, penyesuaian ini dapat dilakukan dengan memperhatikan suku bunga deposito perbankan.

"Bisa (menyesuaikan LPS Rate), kalau suku bunga deposito turun cepat," kata Halim saat ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (2/5/2016).

Lebih lanjut, Halim menuturkan, sudah ada bank yang telah menurunkan suku bunga deposito. Meskipun demikian, belum semua bank melakukan penyesuaian suku bunga deposito lantaran saling menunggu dan mengintip.

"Pemandangan kita dari suku bunga deposito ini saling menunggu, jadi saling intip-intipan. Agak susah, tapi kalau bank besar sudah menurunkan, maka bank lain pasti ikut," ungkap Halim.

Sebelumnya, Anggota Dewan Komisioner LPS Destry Damayanti menuturkan, LPS sendiri tak mengubah prinsipnya mengenai LPS Rate. Pasalnya, LPS Rate adalah suku bunga industri.

"Jadi kita rutin memonitor pergerakan bunga deposito satu sampai tiga bulan secara industri," imbuh Destry.

Dengan demikian, kalau memang industri belum menunjukkan suatu penurunan, maka LPS Rate akan sulit untuk turun.

Akan tetapi, kata Destry, belakangan dengan BI Rate yang turun sebesar 75 basis poin, perbankan sudah mulai menurunkan suku bunganya meski belum sedalam BI Rate.

"LPS sendiri review yang formal itu ada 3 kali dalam setahun, jadi ada bulan Januari, Mei dan September," ungkap Destry.

Kompas TV Bunga Deposito Dibatasi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.