Dukung Industri Gula Nasional, BRI Kucurkan Kredit Rp 993 Miliar ke PTPN XI

Kompas.com - 03/05/2016, 11:54 WIB
Ilustrasi pabrik gula KOMPAS/ALBERTUS HENDRIYO WIDIIlustrasi pabrik gula
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memberikan fasilitas kredit kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI senilai Rp 993 miliar.

Kredit tersebut digunakan untuk membiayai kegiatan produksi gula dari hulu ke hilir, yakni dari tebu ditanam sampai dengan tebu dijual.

Secara umum, pemberian fasilitas kredit ini bertujuan untuk menjamin rantai pasokan bahan baku tebu petani. Di saming itu juga untuk mempertahankan tingkat kapasitas produksi gula agar tetap optimal.

Penanda tangan akad kredit dilakukan oleh Wakil Direktur Utama BRI, Sunarso, dan Direktur Utama PTPN XI, Dolly P Pulungan, bertempat di Pabrik Gula (PG) Pagotan, Ds Kradegan, Madiun.

Sunarso mengatakan dengan fasilitas tersebut, total kredit yang telah disalurkan oleh Bank BRI kepada PTPN XI menjadi Rp 1,72 triliun.

"Sedangkan penyaluran pembiayaan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor produksi gula, secara keseluruhan berjumlah Rp 4,12 triliun," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (3/5/2016).

Dari fasilitas pinjaman Rp 993 miliar tersebut, BRI menyalurkan kredit dalam bentuk modal kerja talangan on farm tebu petani sebesar Rp 300 miliar, modal kerja talangan gula petani sebesar Rp 350 miliar dan kredit investasi belanja modal Rp 343 miliar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X