Sensus Ekonomi Tak Terkait Pajak, Petugas Wajib Jaga Kerahasiaan Data Responden

Kompas.com - 03/05/2016, 21:18 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

UNGARAN, KOMPAS.com - Sensus Ekonomi (SE) 2016 akan memprioritaskan pendataan pada responden perusahaan kategori besar. Sebab perusahaan besar membutukan waktu relatif lama dalam pendataannya.

Kepala BPS Kabupaten Semarang, Rochwan mengatakan, dengan strategi tersebut, petugas bisa cepat menyelesaikan tugasnya sesuai target yang ditentukan.

"Untuk usaha besar memang membutuhkan waktu pencatatan agak lama, paling cepat 30 menit. Berbeda dengan usaha kecil maksimal 10 menit selesai. Maka sejak awal perusahaan besar dan perusahaan sedang kita dahulukan,” kata Rochwan, Selasa (3/5/2016).

Ia menyatakan bahwa SE 2016 tidak ada hubungannya dengan pajak. Data- data yang berhasil dihimpun petugas juga dijamin kerahasiannya. Sesuai aturan dan kode etik, petugas yang membocorkan data SE 2016, bakal terancam sanksi denda.

"Ketika dipublikasikan pun datanya agregat, tidak perorangan," imbuhnya.

Di Kabupaten Semarang, lanjutnya, terdapat industri besar dan sedang sebanyak sekitar 120 perusahaan, sementara UMKM berjumlah 6.000.

Pihaknya optimis, pelaksanaan SE 2016 di Kabupaten Semarang akan selesai sesuai alokasi waktu yang diberikan, yakni mulai 1 hingga 31 Mei 2016. "Kami pada SE 2016 ini didukung 1108 orang petugas," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur PT Golden Flower, Harry A Sutopo menyampaikan terima kasih kepada petugas yang sudah mendatangi perusahaannya untuk didata.

Golden Flower merupakan salah satu perusahaan yang ikut disensus. Dalam kesempatan itu Harry juga menghimbau kepada parapengusaha lainnya di Kabupaten Semarang untuk proaktif memberikan data yang diminta dalam SE 206 ini.

"Kita tidak masalah memberikan data, pemerintah akan memberi kebijaksanaan kepada pengusaha untuk kesejahteraan kita yang akan datang," kata Harry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.