Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan SMK dan Diploma Lebih Rentan "Nganggur" Ketimbang Lulusan SD

Kompas.com - 04/05/2016, 15:32 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan tinggi tidak menjamin seseorang untuk segera memperoleh pekerjaan. Buktinya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bahkan Diploma I/II/III lebih rentan menganggur ketimbang lulusan Sekolah Dasar (SD) ke bawah.

Laporan BPS menyebutkan, hal itu dikarenakan mereka yang berpendidikan rendah cenderung mau menerima pekerjaan apapun. Sementara mereka yang berpendidikan lebih tinggi cenderung memilih pekerjaan yang sesuai.

"Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Februari 2016, yang berpendidikan SD ke bawah sebesar 3,44 persen, dan ini adalah yang terendah (dibanding lulusan lain)," kata Kepala BPS Suryamin dalam paparannya di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Lebih lanjut Suryamin menuturkan, TPT tertinggi terdapat pada lulusan SMK dengan persentase sebesar 9,84 persen, dan disusul dengan lulusan Diploma I/II/III dengan persentase sebesar 7,22 persen.

Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) menempati urutan ketiga dengan persentase sebesar 6,95 persen, dan berikutnya adalah lulusan universitas dengan persentase sebesar 6,22 persen. Adapun TPT dari lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar 5,76 persen.

"TPT Februari 2016 sebanyak 7,02 juta orang dengan presentase 5,5 persen (dari jumlah angkatan kerja). Terjadi penurunan dibandingkan dengan Februari 2015 yang besarnya 7,45 juta orang yang presentasenya 5,81 persen," kata Suryamin.

Kompas TV Cari Info Perusahaan Idamanmu Di Jobplanet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com