Tips untuk Generasi "Millenials" yang Ingin Jadi Bos

Kompas.com - 09/05/2016, 10:00 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Bobby Hoyt, 27, menjalani hidup dalam mimpi generasi millenial, yakni menjadi bos untuk diri sendiri.

Kurang dari setahun yang lalu, Hoyt meninggalkan pekerjaan tetapnya dan membuka  Millennial Money Man (millennialmoneyman.com/), sebuah blog yang memberinya uang lebih banyak ketimbang gajinya sebagai instruktur band SMA.

Istrinya berencana untuk keluar dari pekerjaannya dan menjadi enterpreneur, mengikuti jejak Hoyt, beberapa tahun kedepan.

"Kami melihat orang tua kami bekerja keras sepanjang hidup mereka dan tetap tidak bisa pensiun," kata Hoyt. "Bagi kami, keseimbangan kerja dan kehidupan lebih dari sekedar tombol panas. Kebebasan untuk menjadi diri sendiri lebih penting ketimbang amannya cek gaji," lanjut dia.

Generasi millenial sangat berbeda dalam memandang aspirasi karir. Generasi ini bisa mendefinisikan dengan baik apa itu batasan norma bahagia, yang telah dibuat oleh generasi sebelumnya. Tapi, mereka tetap tidak ragu meninggalkannya.

Bahkan jika konten pekerjaan baru yang mereka miliki, baru sebatas peluang, mereka tetap ingin mencapainya. Menurut riset Fidelity Investments, riset sebelumnya menemukan fakta bahwa 66 persen generasi millenials ingin bekerja untuk diri sendiri.

"millenials, uniknya, terbekali dengan lengkap untuk menjalankan bisnisnya sendiri," kata ahli.

"Mereka sangat melek teknologi, dan teknologi memungkinkan mereka membangun bisnis startup yang ongkosnya sangat rendah," kata Duncan Rolph, managing partner di firma manajemen keuangan Miracle Mile Advisors di Los Angeles.

Bekerja untuk diri sendiri memang memiliki banyak risiko. Berikut sejumlah tips agar tetap bertahan:

1. Mulailah sebagai pekerjaan sampingan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Reuters
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.