47 Persen Orang Kaya Indonesia Belum Merasa Kaya

Kompas.com - 11/05/2016, 15:55 WIB
Konferensi pers Wealth Wisdom: The Essence of Wealth di Jakarta, Rabu (11/5/2016) Kompas.com/ Sakina Rahma Diah SetiawanKonferensi pers Wealth Wisdom: The Essence of Wealth di Jakarta, Rabu (11/5/2016)
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi kaya pastilah merupakan kondisi yang dianggap ideal bagi sebagian orang.

Akan tetapi, apa sebenarnya definisi kaya dan apakah mereka yang tergolong kaya sudah merasa kaya?

Wealth Wisdom Study, sebuah riset kualitatif dan kuantitatif yang dihelat Permata Bank menyatakan tak semua masyarakat kaya Indonesia merasa dirinya sudah kaya.

Riset ini dilakukan terhadap masyarakat kaya di 4 kota besar di Tanah Air dengan bantuan riset lapangan MarkPlus.

"Hasil survei menunjukkan, 47 persen (masyarakat kaya) mengatakan bahwa mereka belum merasa kaya, meskipun mereka sudah termasuk dalam kategori menengah ke atas," kata Direktur Retail Banking Permata Bank Bianto Surodjo di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Selain itu, survei itu juga menunjukkan, 80,6 persen masyarakat Indonesia percaya kekayaan yang sesungguhnya tidak hanya diukur dari materi.

Menurut mereka, kekayaan adalah bagaimana mengondisikan diri dalam hidup.

Di samping itu, 94 persen masyarakat menengah ke atas Indonesia juga yakin mereka memiliki kebahagiaan yang sesungguhnya.

Survei tersebut juga menemukan bahwa orang yang percaya kekayaan adalah harta semata, maka ia hanya merasakan kekayaan sesaat.

Lalu, apa sebenarnya yang dinilai sebagai sebuah kekayaan oleh masyarakat menengah ke atas Indonesia berdasarkan survei itu?

Ternyata, kekayaan adalah kebahagiaan, kesehatan, keluarga, dan tujuan hidup.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X