Bangun Gudang Penyimpanan Tambahan, PT Pos Butuh Dana Rp 4 Triliun

Kompas.com - 12/05/2016, 09:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pos Indonesia (Persero) berencana melakukan penambahan infrastruktur yakni menambah kapasitas gudang penyimpanan hingga 500.000 meter persegi atau sekitar 50 hektare.

Penambahan dilakukan guna menampung banyaknya paket dan surat menyurat yang dikirimkan melalui perseroan.

Pembangunan gudang simpan tambahan ini akan membutuhkan dana hingga 300 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,98 triliun (kurs 13.285 per dollar AS).

Direktur Utama Pos Indonesia, Gilarsi Wahyu Setijono mengatakan, saat ini perseroan baru memiliki sekitar 30.000 meter persegi luas gudang penyimpanan untuk melayani 250 juta penduduk di seluruh Indonesia.

Perseroan berharap tambahan luas 500.000 meter persegi dapat diperoleh dalam jangka waktu tiga sampai empat tahun kedepan.

"Idealnya, kami memiliki 500.000 meter persegi atau 50 hektare di seluruh Indonesia," ujar Gilarsi di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Untuk mencapai target tersebut, Pos Indonesia membutuhkan modal antara 250 juta dollar AS hingga 300 juta dollar AS. Perseroan mengharapkan adanya sinergi BUMN, untuk menggarap pembangunan gudang simpan serta penambahan luasan area.

"Kami usahakan bagaimana bisa survive dengan memanfaatkan sinergi, seperti dengan Garuda Indonesia, KAI, Pelindo, Pelni, Angkasa Pura, Bulog dan Telkom misalnya," pungkas Gilarsi.

Kompas TV 300 Perangko Gerhana Matahari Mulai Dijual
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.