Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Ingin Semua Sengketa Sektor Jasa Keuangan Dituntaskan

Kompas.com - 12/05/2016, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, semua sengketa atau dispute yang terjadi di lembaga jasa keuangan harus dituntaskan. Adapun tahap penyelesaian sengketa dapat dilakukan secara internal maupun eksternal.

"Kami harapkan semua dispute selesai di masing-masing lembaga jasa keuangan. Kami akan membimbing dan mengawal," kata Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Lebih lanjut, Kusumaningtuti mengatakan, saat ini OJK tengah menyusun standarisasi tentang bagaimana penyelesaian suatu sengketa di industri jasa keuangan. Standarisasi ini nantinya akan dituangkan dalam peraturan OJK.

Apabila sengketa yang diupayakan diselesaikan secara internal menemui jalan buntu, maka barulah sengketa diselesaikan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS).

Selain itu, ujar Kusumaningtuti, OJK pun kini tengah mengadakan forum diskusi tentang upaya agar dalam kontrak perjanjian antara penanggung dan tertanggung asuransi disertakan pilihan forum penyelesaian sengketa.

"Dengan demikian, sudah ada kepastian apabila timbul perselisihan dalam musyawarah dan mufakat, maka choice of forum yang dipilih adalah LAPS yang sesuai dengan sektor jasa keuangannya," jelas Kusumaningtuti.

Kompas TV OJK Belum Selesai Sidik Kasus Reliance Securities

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com