Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Percepat Penyaluran Kredit ke Sektor Perikanan

Kompas.com - 12/05/2016, 16:05 WIB
Muhammad Fajar Marta

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk merambah ke kawasan Pesisir Utara Jawa Tengah melalui Program JARING (Jangkau, Sinergi, dan Guideline).

Program yang dijalankan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini menitikberatkan pada pembiayaan kepada komunitas nelayan yang berdomisili di Kabupaten Demak serta kota dan kabupaten lain di sekitarnya. 

"Penguatan akses ke layanan perbankan ini diharapkan dapat mempercepat pembiayaan BNI ke sektor Kelautan dan Perikanan," kata Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto Kamis (12/5/2016) di Demak Jawa Tengah.

Menurut Suprajarto, kegiatan sosialisasi JARING di Demak ini merupakan kegiatan ke-4 setelah dilakukan di Takalar-Sulawesi Selatan, Pantai Sendangbiru Malang-Jawa Timur, serta Bengkalis-Riau.

Sosialisasi JARING kali ini juga dihadiri Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dan Menteri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Sektor yang dibiayai BNI antara lain sektor budidaya dan penangkapan perikanan, industri pengolahan perikanan, serta perdagangan hasil perikanan.

Total kredit sektor kelautan dan perikanan yang disalurkan BNI hingga akhir Desember tahun 2015 mencapai Rp 1,4 triliun yang meningkat menjadi Rp 1,5 triliun pada akhir April 2016, termasuk diantaranya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Akumulasi dari tahun 2007 hingga 30 April 2016, jumlah debitur yang mendapatkan fasilitas pembiayaan KUR di sektor Kelautan dan Perikanan mencapai 5.205 UMKM dengan total penyaluran sebesar Rp 534,5 miliar, di mana sebanyak Rp 50,8 miliar diantaranya tersalurkan selama periode Januari 2016 – April 2016 kepada 233 UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com