Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RNI Berencana Gandeng Swasta Benahi Pabrik Gula yang Rugi

Kompas.com - 12/05/2016, 17:15 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rajawali Nusantara Indah Persero (RNI) berencana bekerja sama dengan pihak swasta untuk membenahi dan memperbaiki Pabrik Gula (PG) yang masih merugi.

Direktur Utama PT RNI Didik Prasetyo mengatakan saat ini, pabrik gula yang merugi terdapat di daerah Cirebon, di Subang, Tersana baru, dan Sindang laut.

"Khusus untuk Subang memang kami lagi lakukan rencana dengan mitra, mitranya lagi dipilih-pilih. Nah yang daftar ada lima dan rata-rata dari swasta," ujar Didik, usai Operasi Pasar Gula di Pasar Palmerah, Jakarta, Kamis (11/5/2016).

Dia menjelaskan dari lima yang mendaftar itu rata-rata dari perusahaan asing yang mempunyai perwakilan di Indonesia. Misal dari Malaysia, Australia, dan India yang dijuluki ahli gula.

"Harapannya nanti subang ini kan ada Hak Guna Usaha (HGU), dengan ada kerja sama itu paling tidak akan lebih optimal karena kan lokasinya dengan dekat dengan jakarta," ucapnya.

Untuk Pabrik gula di Tersana Baru dan Sindang Laut pada dasarnya adalah tebu rakyat ,maka yang akan dilakukan antara lain perbaikan di pabrik, dan pembenahan di perkebunan tebu.

Didik juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya bisa memasukkan tebu itu dengan kriteria Manis, Bersih, segar (MBS) yang selama ini selama terabaikan.

Terkait kerugian pabrik gula, ia berharap di 2016 ini bisa turun mencapai Rp 75 miliar-Rp 80 miliar.

"Paling tidak dalam dua tahun (2016-2017) tahun Cirebon bisa untung. Jika gak, rugi kan dampaknya ke masyarakat langsung," tuturnya.

Kompas TV Sembako Mahal, Kementan Gelar Operasi Pasar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com