Kuartal I 2016, Defisit Transaksi Berjalan RI 2,14 Persen dari PDB

Kompas.com - 13/05/2016, 14:39 WIB
Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia. Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.comBank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia.
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan, defisit transaksi berjalan atau current account deficit pada kuartal I 2016 mencapai 2,14 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Dengan demikian, defisit transaksi berjalan mencapai 4,7 miliar dollar AS.

Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI Hendy Sulistiowati menjelaskan, capaian ini lebih baik baik dari defisit transaksi berjalan pada kuartal IV 2015 yang tercatat 5,1 miliar dollar AS atau 2,37 persen dari PDB. Namun, defisit transaksi berjalan pada kuartal I 2016 lebih buruk secara tahunan atau year on year, yakni 4,1 miliar dollar AS atau 1,9 persen dari PDB. "Defisit transaksi berjalan turun terutama karena meningkatnya surplus neraca perdagangan," kata Hendy di kantornya di Jakarta, Jumat (13/5/2016).

Hendy mengatakan, terjadi perbaikan neraca perdagangan barang dan jasa pada kuartal I 2016. Surplus neraca nonmigas meningkat akibat penurunan impor yang melampaui penurunan ekspor," jelasnya.

Sementara, kata Hendy, defisit neraca minyak menyusut seiring menurunnya impor minyak karena harga yang lebih rendah. "Selain itu, penurunan defisit transksi berjalan juga dipengaruhi oleh berkurangnya defisit neraca jasa mengikuti penurunan impor barang," ungkap dia.

Surplus neraca perdagangan nonmigas di Kuartal I 2016 sebesar 3,6 miliar dollar AS. Impor non migas turun 5,2 persen (quarter-to-quarter), sedangkan ekspor nonmigas terkontraksi 2,6 persen (qtq). Defisit neraca migas di kuartal I 2016 tercatat sebesar 0,8 miliar atau lebih rendah dari defisit kuartal IV 2015 sebesar 1 miliar dollar AS akibat penurunan impor minyak lantaran rendahnya harga minyak mentah dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.