Perhitungan Modal Kurang Akurat, BEI Larang Magnus Capital Lakukan Aktivitas Perdagangan

Kompas.com - 13/05/2016, 15:09 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini melarang sementara PT Magnus Capital Tbk melakukan aktivitas perdagangan di BEI.

Pelarangan ini terhitung sejak sesi pertama perdagangan tanggal 13 Mei 2016.

Direktur BEI Hamdi Hassyarbaini dalam keterbukaan informasi mengatakan, pelarangan dilakukan karena perhitungan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) Magnus Capital dinilai tidak akurat.

"Bursa tidak dapat meyakini keakuratan dan kecukupan nilai MKBD perusahaan, pelaksanaan manajemen risiko dan pengendalian internal yang dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional," ujar Hamdi dalam keterbukaan informasi, Jumat (13/5/2016).

Hamdi mengatakan, Magnus Capital tidak diperkenankan melakukan aktivitas perdagangan di bursa hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Sekedar informasi, PT Magnus Capital juga tengah tersangkut kasus penipuan yang dilakukan EP Larasati dalam perkara PT Reliance Securities Tbk (RELI).

Kasus Reliance Securities mencuat ke permukaan menyusul adanya aduan dari salah satu investor bernama Alwi Susanto yang mengaku dana investasi miliknya bersama sang adik, Sutanni, senilai total Rp 3,95 miliar tidak bisa kembali sejak jatuh tempo Desember 2015.

Investasi tersebut menjanjikan imbal hasil antara sembilan hingga 12 persen dengan jangka waktu antara 3, 6 dan 12 bulan.

Minimal investasi sebesar Rp 250 juta. Sebagai pemanis, imbal hasil diserahkan di awal penempatan dana.

Hanya saja, dana investasi investor tidak ditransfer ke rekening Reliance, melainkan ke rekening PT Magnus Capital.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X