Kompas.com - 14/05/2016, 14:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid-I, Mari Elka Pangestu mendorong pemerintah untuk mengalokasikan Dana Desa untuk membantu kesejahteraan petani.

Hal tersebut ia sampaikan melihat makin menurunnya daya beli petani. Rilis terakhir yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) nilai tukar petani pangan di bawah level 100, yang artinya petani malah nombok dalam produksi pangan.

"Saya rasa kembali lagi bagaimana kita benar-benar mempelajari keperluan dari petani dan program untuk membantu petaninya itu lebih disesuaikan dengan keperluan petani," ucap Mari ditemui di sela-sela seminar bertajuk 'Feeding The Zone: International Cooperation, Innovation, Investment in Indo-Pacific Agriculture' di Djakarta Theater,  di Jakarta, Sabtu (14/5/2016).

"Kedua, ada potensi dari Dana Desa kalau menurut saya. Ini kan setiap desa mendapat dana ya. Jadi mungkin melalui Dana Desa yang tepat guna, bisa digunakan untuk membantu petani," kata dia lagi.

Mari melihat saat ini dukungan yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani masih perlu ditingkatkan.

Pemerintah diminta tidak hanya fokus pada produktivitas pertanian, melainkan dari pra-produksi sampai paska-produksi. Termasuk di dalamnya, imbuh Mari, soal isu pembiayaan.

Selain itu, pemerintah Jokowi perlu juga membuat rantai pasok produk pertanian lebih efisien. Kalau bisa, kata dia, para petani bisa langsung mengakses ke pasar. "Itu hal-hal yang juga bisa ditingkatkan," kata Mari.

Petani Nombok

Panen raya khususnya komoditas beras sudah terjadi beberapa bulan belakangan. Namun, dampak dari panen raya belum banyak dirasakan oleh konsumen, apalagi petani.

Bahkan ironisnya, data BPS melaporkan terjadi penurunan daya beli petani tanaman pangan sebesar 2 persen pada April 2016 dibandingkan sebulan sebelumnya, dan penurunan sebesar 3,44 persen dibandingkan April 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.