Tingkatkan Ekspor Makanan-Minuman ke Korsel, Indonesia Perkuat Tiga Fokus

Kompas.com - 17/05/2016, 09:45 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

SEOUL, KOMPAS.com – Impor produk makanan dan minuman (mamin) Korea Selatan (Korsel) dari Indonesia relatif masih kecil sekitar 70,1 juta dollar AS. Angka ini hanya 0,78 persen dari keseluruhan total impor produk mamin Korsel dari dunia.

Fakta ini mendorong Duta Besar RI di Korsel, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Busan, dan Atase Perdagangan memperkuat tiga fokus guna meroketkan nilai ekspor mamin ke Korsel.

"Ada tiga fokus yang harus menjadi perhatian eksportir Indonesia agar produk yang ditawarkan ke pasar Korsel dapat bersaing dengan produk dari negara lain yaitu fokus pada mutu, fokus pada harga, dan fokus pada kemasan," tegas Duta Besar RI untuk Korea Selatan, John A. Prasetio, melalui keterangan resminya ke Kompas.com.

Tiga fokus ini mulai diwujudkan dalam pameran "Seoul Food and Hotel 2016" di Kintex, Seoul, Korsel pada 10-13 Mei 2016 ini. Kolaborasi Kedutaan Besar RI, Atase Perdagangan, dan ITPC Busan membuat pameran ini banyak diapresiasi pengunjung, terutama pengusaha.

Korsel sangat potensial bagi produk mamin Indonesia. Sektor ini menjadi salah satu bisnis yang berkembang. Dengan jumlah penduduk sebanyak 51,3 juta jiwa, pendapatan per kapitanya sebesar 33.200 dollar AS dan daya beli masyarakat tergolong sangat tinggi. Pameran ini menjadi peluang produk mamin Indonesia untuk makin dikenal luas masyarakat Korsel.

“Pameran ini berhasil meningkatkan jumlah frekuensi kontak dan kontrak dagang antara pengusaha Indonesia dengan pengusaha Korea Selatan,” ujar Prasetio.

Selama pameran, para importir, agen penjualan, serta distributor produk mamin di Korea Selatan bertemu secara langsung dengan eksportir produk mamin terbaik dari Indonesia.

"Pameran ini makin meningkatkan peran dunia usaha dalam melakukan penetrasi pasar dan promosi ekspor. Para pengusaha juga dapat pelajaran berharga karena mengetahui kekuatan dan kelemahan produk yang dimiliki maupun produk dari negara pesaing," katanya.

Paviliun Indonesia menampilkan 16 perusahaan mamin terkemuka antara lain PT. Helmigs Prima Sejahtera, PT. Siantar Top, PT. Indowoyang, PT. Manohara Asri, CV. Roemah Snack Mekarsari, dan PT. Coco Sugar Indonesia.

Juga menampilkan PT. Pondan Pangan Makmur Indonesia, PT. Fruit–Ing Indonesia, PT. STTC, PT. Toba Agro Mandiri, PT. Kalbe Internasional, CV. Intrafood, PT. Altar Mass, PT. Bahtera Wiraniaga Internusa (Pronas), PT. Pacific Eastern Coconut Utama, dan PT. Monde Mahkota Biskuit.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.