JAPFA Serap Jagung Hasil Kemitraan TNI AD-Masyarakat

Kompas.com - 18/05/2016, 08:34 WIB
Ilustrasi: panen jagung KOMPAS.com / Andi HartikIlustrasi: panen jagung
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk menyerap produksi jagung lokal dari program kemitraan antara TNI AD dengan petani di Jalan Rawa Kutuk Kelurahan Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan.

"Untuk panen perdana ini, kami akan membeli produk jagung dari hasil panen dengan kondisi produk apapun sebagai wujud komitmen kami," ungkap Arif Widjaja, Senior VP Head of Procurement Feed Division JAPFA dalam keterangan resminya, Selasa (17/05/2016).

Kondisi jagung agar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan industri adalah dengan kadar air di bawah 15 persen. Guna mencapai kadar air tersebut, penanganan jagung pasca panen menjadi faktor krusial.

Dengan lahan seluas 7 hektar, model kemitraan tersebut diperkirakan akan menghasilkan bulir jagung (grain) sebanyak 7 ton per hektar atau total sekitar 49 ton. Hasil produksi jagung hasil kerjasama akan dibeli oleh JAPFA untuk kebutuhan pakan ternak di Cikande.

"Kemitraan ini merupakan upaya untuk memanfaatkan lahan tidur untuk pertanian perkotaan," ujar Airin Rahmi Diani, Walikota Tangerang Selatan.

"Upaya kemitraan ini melibatkan petani, TNI AD dan juga sektor swasta agar menjamin keberlangsungan program," ungkap Airin dalam acara panen raya jagung pada sabtu lalu.

Semantara itu, program memanfaatkan lahan tidur merupakan upaya yang dilakukan oleh TNI AD terutama KODIM 0506/Tangerang, agar lahan tidur bisa menjadi lahan produktif terutama untuk produksi padi, jagung, dan kedelai.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X