Rizal Ramli: Jangan Mimpi Pariwisata Maju jika Toilet Saja Tidak bersih

Kompas.com - 19/05/2016, 11:04 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

LARANTUKA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli memberikan wejangan kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memajukan industri pariwisata.

Salah satu yang dipesankan yakni tentang pentingnya menjaga kebersihan. "Jangan mimpi turisme maju kalau toilet saja tidak bersih," ujar Rizal saat memberikan arahan usai melepas peserta Tour de Flores di Larantuka, NTT, Kamis (19/5/2016).

Memang kata dia, kebersihan adalah hal yang kecil. Akan tetapi bisa memiliki dampak yang sangat besar terhadap pengembangan sektor pariwisata. Selama ini, kebersihan wilayah objek wisata bisa berpengaruh terhadap kedatangan wisatawan.

Sebab, kebersihan selalu berkaitan erat dengan kenyamanan. Selain itu, Rizal juga meminta masyakarat NTT untuk terbuka terhadap pendatang. Budaya senyum harus digalakkan sejak dini.

Berdasarkan keterangan Kapala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu, hingga saat ini, konstribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan asli daerah (PAD) NTT hanya 4 persen. Total jumlah PAD NTT sekitar Rp 850 miliar.

Menurut Marius, sektor yang menyumbang konstribusi paling besar bagi PAD NTT yakni pertanian sebesar 39 persen. Sisinya disumbang oleh sektor sekunder dan tersier.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.