Dorong Wirausaha Baru, Kemenkop Latih Pengelola Tempat Praktik Keterampilan Usaha

Kompas.com - 20/05/2016, 14:18 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus berusaha mendorong tumbuhnya wirausahawan baru di Indonesia. Salah satu caranya, dengan melakukan pelatihan kepada Pengelola Tempat Praktik Keterampilan Usaha (TPKU).

Dengan demikian, tempat pelatihan tersebut bisa membekali dan mendorong wirausahawan baru untuk merintis bisnisnya.

Di Lampung, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) tengah melakukan pelatihan Pengelola Tempat Praktik Keterampilan Usaha (TPKU) selama sepekan. 

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkop Prakoso BS mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir pihaknya mengembangkan program TPKU di berbagai provinsi.

TPKU merupakan wadah pengembangan wirausaha baru yang dirintis di yayasan atau lembaga pendidikan perdesaan setingkat SMK atau madrasah aliyah non-pemerintah. 

Di dalam TKPU, diupayakan ada fasilitas peralatan praktik usaha, modul, trainer, dan fasilitas pendukung penumbuhan wirausaha baru sekaligus pendukung wirausaha naik kelas ke skala usaha yang lebih tinggi.

Asisten Deputi Urusan Peran Serta Masyarakat Kemenkop Budi Mustopo mengatakan, di Provinsi Lampung dari 2006 sampai dengan 2015 telah mendapatkan alokasi sebanyak 48 unit TPKU.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Oleh karena itu pelatihan diberikan kepada seluruh pengelola TPKU dengan harapan terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan TPKU," kata Budi melalui siaran pers ke Kompas.com.

Budi mengharapkan para peserta mendapatkan pengetahuan teori dan praktik pengelolaan melalui pelatihan.

"Kami juga berharap pelatihan ini bisa menjadi ajang tukar-menukar informasi kekurangan dan kelebihan dari masing masing pengelolaan TPKU di sekolah," katanya.

Sementara itu, salah satu TPKU yang dinilai berhasil di Provinsi Lampung yakni TPKU Pesantren Ushuluddin Lampung. TKPU ini berbagi sukses  kepada peserta pelatihan yang lain.

TPKU ini sukses mengelola berbagai macam pengembangan usaha mulai dari konveksi hingga bidang usaha lain seperti pembuatan paving block, pembuatan sabun dan kursus Bahasa Inggris.

"Ini diharapkan menjadi model bagi keberhasilan TPKU lain. Pelatihan bagi pengelola TPKU ini merupakan salah satu jenis pelatihan dari delapan jenis pelatihan SDM koperasi dan UKM," kata Budi.

Kompas TV Awalnya Serabutan Kini Jadi Pengusaha - Big Bang Show eps E-William
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.