Menkominfo Gratiskan 350.000 Domain untuk UMKM

Kompas.com - 20/05/2016, 21:05 WIB
Direktur E-Bisnis Kementerian Kominfo, Azhar Hasyim di Surabaya, Jumat (20/5/2016) KOMPAS.com/Achmad FaizalDirektur E-Bisnis Kementerian Kominfo, Azhar Hasyim di Surabaya, Jumat (20/5/2016)
|
EditorM Fajar Marta

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika memberi 350.000 domain internet gratis untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tahun ini.

Dari penggratisan pembuatan domain itu, pemerintah mengharapkan ada transaksi digital dari UMKM sebesar 130 miliar dollar AS atau setara Rp 1.800 triliun.

Direktur E-Bisnis Kementerian Komunikasi dan Informatika, Azhar Hasyim mengatakan, program tersebut untuk memacu aksesibilitas UMKM dalam memasarkan produknya secara digital di dunia maya.

"Sekarang untuk berbelanja, tidak perlu ke pasar atau mall, cukup via online, bisa mendapatkan barang," jelasnya di Surabaya, Jumat (20/5/2016).

Domain gratis yang sediakan untuk UMKM tersebut kapasitasnya 100 Mega Byte (MB).

Kapasitas tersebut cukup untuk memuat gambar dan deskripsi produk UMKM.

Penyediaan 350.000 domain gratis tersebut, adalah bagian dari program sejuta domain gratis untuk UMKM.

"Tahap awal kita sediakan 350.000, kalau masih ada permintaan, nanti kita beri lagi," ujarnya.

Di sisi lain, kata dia, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga mendorong pemerintah daerah agar mempermudah izin pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerahnya.

Infrastruktur tersebut secara tidak langsung juga akan merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui transaksi digital.

Untuk Jawa Timur, kata Azhar, tahun ini diberi jatah 60.000 domain gratis.

Jatah tersebut akan terus ditambah di tahun-tahun berikutnya. Jumlah UMKM di Jatim mencapai lebih dari 6,8 juta. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X