Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop Dorong Koperasi Berbasis Pariwisata Modernisasi Desa

Kompas.com - 23/05/2016, 19:46 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Agus Muharram mengungkapkan membangun dan memodernisasi desa harus berbasis industri wisata dan budaya secara berkelanjutan. “Tujuan pembangunan dan modernisasi agar desa di seluruh Indonesia melek teknologi, khususnya teknologi informasi dan ramah lingkungan," ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, saat membuka World Village Conference 2016 di Purwakarta, Senin (23/05/2016).

Agus menambahkan pengembangan koperasi dan UKM berbasis pariwisata dan budaya diyakini mampu berperan dalam pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan pemerataan pendapatan. Menurut Agus, koperasi dan UKM kalau dikembangkan di sektor wisata dapat mengurangi kesenjangan.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi mengatakan, pertemuan yang berbasis desa ini diyakini akan memperluas dan memperkaya wawasan para peserta untuk nantinya diaplikasikan di negara masing-masing.

Sementara itu,  World Village Conference 2016 mengambil tema ‘Preserving Culture for Sustainable Development in the Era of Village Industrialization" atau melestarikan budaya untuk pembangunan berkelanjutan di era industrialisasi pedesaan. Acara ini dihadiri sejumlah kepala daerah di Indonesia, serta pemuda-pemudi dari 40 negara yang memunyai perhatian khusus pada pembangunan industri pedesaan berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com