Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing Menangi Order 100 Pesawat dari Maskapai Swasta Vietnam, VietJet

Kompas.com - 24/05/2016, 08:58 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com — Boeing Co memenangi order 100 jet dari Vietjet Aviation Stock Co dengan nilai 11,3 miliar dollar AS, seiring perkembangan rute penerbangan satu-satunya maskapai swasta di Vietnam tersebut.

Vietjet meneken kesepakatan tersebut di Hanoi, Selasa (24/5/2016), saat kunjungan Presiden Obama ke Vietnam.

Pengiriman Boeing 737 Max 200 akan dimulai pada 2019 dan akan membantu menambah jumlah pesawat perusahaan penerbangan ini menjadi 200 pesawat hingga akhir 2023.

(Baca: Saham Boeing Bisa Jatuh 15 Persen Jika Penjualan Melambat)

VietJet merupakan maskapai penerbangan berbujet rendah atau low cost carrier (LCC) yang mulai beroperasi pada Desember 2011. Perusahaan ini menargetkan ekspansi rute untuk menambah pangsa pasar hingga 20 persen dibanding tiga tahun lalu.

Saat ini, Vietjet memiliki 250 penerbangan per hari, 50 rute di Vietnam dan seputar wilayah Asia tenggara, misalnya di Thailand, Singapura, Myanmar, Malaysia, serta ke negara Asia lain, seperti Korea Selatan, Taiwan, dan China.

"Mereka terlihat ambisisus," kata Brendan Sobie, chief analyst di CAPA Centre for Aviation yang berbasis di Singapura. "Mereka membangun brand yang kuat di pasar domestik dan pangsa pasar tinggi dalam waktu cepat," lanjut dia.

Kinerja

Vietjet kemungkinan akan melampaui Vietnam Airlines, BUMN penerbangan di Vietnam, pada tahun ini, menurut estimasi CAPA Centre for Aviation.

Vietnam sendiri berupaya menjadi 10 besar negara dengan pertumbuhan pasar penerbangan tercepat di dunia dalam dua dekade, menurut International Air Transport Association (IATA).

Chief Executive Officer VietJet Nguyen Thi Phuong Thao mengatakan, kehadiran pesawat Boeing baru akan mengakomodasi strategi Vietjet untuk jadi penerbangan global.

Maskapai penerbangan yang terkenal dengan pramugari berbikini ini berekspektasi pertumbuhan pedapatan dua kali lipat tahun ini dibanding tahun lalu yang mencapai 488 juta dollar AS. Vietjet juga menargetkan kenaikan kapasitas penumpang hingga 15 juta, dibanding 9,3 juta pada 2015.

Vietjet akan segera melakukan IPO pada semester II tahun ini, seiring fokus mengembangkan rute global dan jadi maskapai top di Asia. (Baca: Perusahaan Penerbangan "Berbikini" VietJet Ingin IPO Tahun Ini)

Kompas TV Jumlah Pesawat Delay Meningkat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com