Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelemahan di Delapan Indeks Sektoral Kompak Bikin IHSG Ditutup "Merah"

Kompas.com - 24/05/2016, 16:32 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Delapan indeks sektoral penopang bursa ditutup melemah pada penutupan perdagangan saham Selasa (24/5/2016). Hanya sektor aneka industri yang ditutup menguat 0,35 persen, seiring aksi beli saham ASII.

Sementara sektor infrastruktur cenderung tidak berubah atau tetap (0,0 persen).

Dari data RTI, IHSG turun 0,69 persen atau turun 32,87 poin ke level 4.710,78. Level ini lebih rendah dari penutupan di jeda siang, dimana IHSG terseret turun 13,97 poin ke level 4.729,68.

Sebanyak 91 saham ditutup naik pada perdagangan hari ini. Sementara 197 saham ditutup turun pada perdagangan hari ini, dan 86 saham tetap.

Volume saham yang diperdagangkan mencapai 4,67 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 4,17 triliun. Net foreign sell di semua papan perdagangan mencapai Rp 35 miliar.

Aksi jual investor asing yakni ke saham SMGR, MARI, BSDE, UNVR, WSKT, PTPP dan RALS. Sementara saham yang diminati TLKM, BBNI, BMRI, ASII.

Sektor dengan pelemahan terdalam yakni perkebunan yang melorot 1,15 persen, disusul sektor properti -1,13 persen, sektor manufaktur -0,78 persen.

Pelemahan IHSG seiring dengan pelemahan bursa global, dimana pada dini hari sebelumnya bursa AS dan Eropa ditutup melemah akibat menanti kenaikan suku bunga acuan Fed Rate, turunnya harga minyak dan sejumlah komoditas termasuk emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com