Dorong UKM Naik Kelas, Kemenkop Optimalkan Pusat Layanan Usaha Terpadu

Kompas.com - 25/05/2016, 19:03 WIB
Ilustrasi: Koperasi KompasIlustrasi: Koperasi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM tengah berupaya mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) segera naik kelas melalui program pendampingan di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). 

"Strategi yang kami lakukan adalah melalui pendampingan baik kelembagaan, keuangan, maupun manajemen. Kami juga melakukan pengembangan investasi, kemitraan, 'networking' hingga transformasi UMKM ini siap berkompetisi," ujar Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha KUKM, Yuana Sutyowati Rabu (25/05/2016).

Yuana menyampaikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) UMKM, pihaknya menggunakan pendekatan pendampingan tersebut melalui PLUT yang berhubungan erat dengan pandamping.

Selama ini pihaknya hanya memiliki lima pendamping di kabupaten/kota dan 7 di provinsi. Jumlah itu tergolong masih minim.

"Cluster pelaku usaha yang menengah ke bawah kalau tidak kita sentuh tidak akan naik kelas. UMKM naik kelas ini bukan program tapi tujuan yang ingin kami capai untuk mendorong UMKM berkembang menjadi pelaku usaha lebih besar," ungkapnya.

Dalam program pendampingan UMKM ini, pihaknya menggandeng berbagai pihak seperti Asosiasi Konsultan Pendamping UMKM (BDS), PT Telkom Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X