Koperasi Digital Akan Pasok Kebutuhan Digital Indonesia

Kompas.com - 27/05/2016, 18:54 WIB
Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari memberikan keterangan Pers diJakarta (27/05/2016) Choirul mengapresiasi langkah Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mendirikan Koperasi Jasa Digital Indonesia Mandiri. Pramdia ArhandoDeputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari memberikan keterangan Pers diJakarta (27/05/2016) Choirul mengapresiasi langkah Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mendirikan Koperasi Jasa Digital Indonesia Mandiri.
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari mengapresiasi langkah Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mendirikan Koperasi Jasa Digital Indonesia Mandiri.

"Indonesia memang sedang membutuhkan hadirnya koperasi seperti ini yang mampu memproduksi barang atau jasa secara konkrit. Koperasi digital merupakan koperasi yang mampu mengolah produk-produk digital. Selama ini, yang selalu muncul adalah koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam," ujar Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul kepada wartawan di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Choirul menambahkan, koperasi di Indonesia memang membutuhkan sentuhan modernisasi dan konektivitas secara vertikal dan horizontal.

"Di bidang device, koperasi digital akan memiliki brand smartphone sendiri yang kemudian aplikasi-aplikasinya akan diisi secara prioritas untuk aplikasi lokal," ungkap Choirul.

Ketua Umum Mastel Kristiono menambahkan bahwa Koperasi Digital juga fokus di bidang Network dengan menyiapkan peluncuran satelit untuk Indonesia.

Pengelolaan satelit dan pelayanan pelanggannya akan dilakukan oleh seluruh penyelenggara jasa internet yang sudah ada dan saat ini berada di bawah APJII.

"Di awal ini, koperasi sedang merampungkan kemitraan dengan berbagai pihak guna menyiapkan layanan bagi anggota dan ditargetkan dalam waktu cepat akan rampung. Sehingga, koperasi akan siap menerima anggota baru secara online mulai 1 Juli 2016," papar Kristiono.

Kristiono menambahkan, koperasi digital juga akan mengadakan program akses internet 'Bayar 1 kali Internet Gratis 17 Tahun', atau disebut program (B1G-17).

Kristiono berharap dalam 10 tahun ke depan, koperasi akan dapat menguasai 30 persen pangsa pasar smartphone, 70 persen pangsa pasar aplikasi, dan 50 persen pangsa pasar satelit.

"Ini semua untuk dinikmati bersama oleh jutaan anggota koperasi bersama mitra koperasi," pungkas Kristiono.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X