Kemenhub Masih "Ogah" Buka-Bukaan Soal Revitalisasi Jalur KA Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 27/05/2016, 20:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih enggan buka-bukaan terkait rencana investasi Jepang dalam proyek revitalisasi jalur kerata api lintas utara Jawa dari Jakarta ke Surabaya.

"Jakarta-Surabaya belum ada perintah, kan saya sudah bilang," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Hingga saat ini tutur dia, belum ada arahan sama sekali terkait rencana revitalisasi jalur KA lintas utara Jawa dari Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Jadi saya harus ngomong apa? Apalagi sampai dibiayai Jepang. Sampai sekarang loh ya wong Pak Presiden aja masih di Jepang," kata dia.

Di tempat terpisah, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, bahwa revitalisasi jalur KA Jakarta-Surabaya dapat dimulai awal tahun 2017 mendatang.

"Tergantung nanti persetujuan. Kita usahakan tahun depan mulai karena itu penting untuk mempercepat waktu tempuh Jakarta-Surabaya itu dari 8-9 jam menjadi 5 jam," kata Kalla.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menawarkan sejumlah proyek KA ke Jepang dan China.

Salah satu proyek yang ditawarkan yakni revitalisasi jalur KA lintas trans Jawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.