Bos Monsanto Bisa Dapat Rp 950 Miliar jika Bayer Jadi Akuisisi Perusahaannya

Kompas.com - 30/05/2016, 13:00 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com - Bos Monsanto, Hugh Grant, bisa mendapat 70 juta dollar AS atau sekitar Rp 950 miliar (kurs Rp 13.500 per dollar AS) jika akuisisi Bayer AG atas Monsanto berjalan mulus.

Monsanto, perusahaan penyedia benih tanaman pangan asal Amerika Serikat (AS) sebelumnya menyatakan membuka kesempatan untuk bernegosiasi kembali dengan Bayer, setelah menolak tawaran perusahaan kimia raksasa dari Jerman, tersebut.

Monsanto menolak tawaran senilai 62 miliar dollar AS atau Rp 837 triliun (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Dengan alasan, penawaran Bayer kurang lengkap dan secara keuangan tidak memenuhi kebutuhan akuisisi.

Dengan nilai 122 dollar AS per saham akan memberikan CEO dan Chairman Monsanto Hugh Grant paket senilai 123 juta dollar AS pasca peralihan akuisisi. termasuk penjualan saham dan opsi yang dimiliki.

Saat ini belum ada tindak lanjut kesepakatan akuisisi antara Monsanto dan Bayer, walaupun manajemen Monsanto tertarik dengan penawaran Bayer.

Grant, CEO 58 tahun yang akan segera pensiun ini mengatakan perusahaannya membuka kesempatan negosiasi demi kebaikan para petani dan masyarakat luas, pada Selasa pekan lalu.

Walaupun kesepakatan masih mandek, belum pasti bahwa Grant akan dilengserkan pasca akuisisi. Tapi biasanya, setelah akuisisi, CEO akan meninggalkan perusahaan yang telah terjual.

Kompas TV Pabrik Kimia Terbakar, Satu Orang Tewas
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.