Menkominfo Tak Segan Blokir Aplikasi "Taksi Online" yang Membandel

Kompas.com - 01/06/2016, 22:01 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendukung tindakan tegas terhadap kendaraan taksi online yang nakal.

Ia bahkan menyatakan siap memblokir aplikasi taksi online bila kendaraan-kendaraan yang digunakan tidak memenuhi syarat.

"Kalau misalkan ada angkutan yang tidak ber-KIR dan itu tertangkap, atau ditangkap oleh teman-teman Dinas Perhubungan ataupun Kepolisian, tentu kita bisa telusuri siapa penyenggara aplikasi onlinenya," ujar Rudiantara di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

"Sesuai dengan mekanisme berapa kali peringatan, kalau sampai itu dicabut karena itu melanggar aturan yang ada, itu akan diblok aplikasinya," lanjut Menkominfo.

Sementara itu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, pencabutan izin usaha badan usaha angkutan umum bisa dicabut apabila tiga kali surat teguran dari Dinas Perhubungan tidak ditindaklanjuti.

"Kalau dicabut, Menkominfo blok situsnya (aplikasi). Ini supaya merata untuk semua," kata Jonan.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah memberikan surat rekomendasi uji KIR kepada 3.309 kendaraan yang terdiri dari Koperasi Perkumpulan Pengusaha Rental Mobil Indonesia (PPRI) yang menaungi GrabTaxi sebanyak 568 kendaraan, Jasa Trans Usaha Bersama (JTUB) yang menaungi Uber sebanyak 2.665 kendaraan, dan PT Panorama Mitra Sarana yang menaungi pengendara GoCar sebanyak 76 kendaraan.

Namun hingga batas waktu 31 Mei 2016, kendaraan yang sudah melakukan uji KIR hanya 419 kendaraan dan 53 dinyatakan tidak lulus.

Rinciannya, PPRI 195 kendaraan, JTUB 205 kendaraan, dan Panorama Mitra Sarana 19 kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.