S&P Tidak Mengubah Peringkat Investasi Indonesia

Kompas.com - 02/06/2016, 10:00 WIB
Hasil foto malam hari menggunakan Oppo N3 dari atas gedung pencakar langit Jakarta diambil oleh Arieffandy seorang Rooftoppers. Arieffandy/Oppo N3Hasil foto malam hari menggunakan Oppo N3 dari atas gedung pencakar langit Jakarta diambil oleh Arieffandy seorang Rooftoppers.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat Standard and Poor’s (S&P) kembali mempertahankan peringkat Indonesia pada level BB+/positive outlook atau outlook positif pada 1 Juni 2016.

S&P menyebutkan faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut mencakup perbaikan kebijakan dan tata kelola kelembagaan, termasuk kerangka kebijakan fiskal, kebijakan moneter yang kredibel dan pertumbuhan ekonomi yang baik.

S&P menyatakan, peningkatan rating dimungkinkan jika momentum perbaikan tata kelola kelembagaan, khususnya kerangka kebijakan fiskal, dapat menghasilkan pengeluaran pemerintah yang berkualitas, penurunan tren defisit fiskal, moderasi utang pemerintah dan terjaganya kewajiban kontijensi fiskal.

Selain itu, implementasi reformasi subsidi BBM secara utuh dan tepat waktu menjadi perhatian S&P. “Indonesia secara konsisten melakukan berbagai upaya reformasi struktural untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang sehat, berkesinambungan dan inklusif.

Pemerintah, Bank Indonesia, dan otoritas terkait telah mengeluarkan serangkaian paket kebijakan untuk memberikan stimulus pada perekonomian," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo dalam keterangan resmi, Kamis (2/6/2016).

Upaya perbaikan penerimaan fiskal juga terus dilakukan pemerintah di tengah keperluan pembiayaan infrastruktur, dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian dan menjaga kestabilan makroekonomi dan finansial yang sudah dicapai.

Berbagai langkah upaya reformasi struktural itu akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia dalam jangka menengah dan panjang.

"Sejauh ini Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dibandingkan negara peer group," imbuh Agus. S&P sebelumnya telah meningkatkan outlook rating Indonesia dari “Stable” menjadi “Positive” sekaligus mengafirmasi rating pada level BB+ pada 21 Mei 2015.

Kompas TV S&P: Indonesia Berpotensi Naik ke Investment Grade



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X