Agar Bisa Peroleh Peringkat "Investment Grade," Ini Saran Untuk Pemerintah

Kompas.com - 02/06/2016, 18:15 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringkat Indonesia dari lembaga Standard & Poor's (S&P) tidak berubah, yakni tetap pada level BB+/positive outlook atau outlook positif.

Lalu, bagaimana caranya agar peringkat investasi tersebut bisa berubah menjadi investment grade atau layak investasi?

Chief Economist & Investor Relations Director PT Bahana TCW Investment Budi Hikmat menyarankan sejumlah hal kepada pemerintah.

Salah satunya adalah terkait kemudahan untuk berusaha.

"Saran saya adalah perbaikan kemudahan bisnis, apakah masalah peraturan, dukungan, atau lingkungan," kata Budi di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Menurut Budi, masalah kemudahan bisnis adalah krusial.

Pasalnya, dana akan mengalir ke Indonesia dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang baik apabila ada kemudahan bisnis.

Oleh sebab itu, Budi meminta pemerintah untuk mengutamakan kemudahan berusaha.

Saran lain adalah perbaikan tata kelola perpajakan, di samping skema pengampunan pajak (tax amnesty) yang baik.

Budi menuturkan, pemerintah harus memperbaiki administrasi perpajakan agar lebih rapi, transparan, berkeadilan, dan kompetitif.

"Kalau saya sarankan, pemerintah selain memperbaiki administrasi perpajakan, sebaiknya buat juga agar pajak kita lebih kompetitif. Kalau saya lihat, selain masalah komunikasi, yang jelas tata kelola dan skema," terang Budi.

S&P menyebutkan faktor kunci yang mendukung keputusan mempertahankan peringkat tersebut mencakup perbaikan kebijakan dan tata kelola kelembagaan, termasuk kerangka kebijakan fiskal, kebijakan moneter yang kredibel dan pertumbuhan ekonomi yang baik.

S&P menyatakan, peningkatan rating dimungkinkan jika momentum perbaikan tata kelola kelembagaan, khususnya kerangka kebijakan fiskal, dapat menghasilkan pengeluaran pemerintah yang berkualitas, penurunan tren defisit fiskal, moderasi utang pemerintah dan terjaganya kewajiban kontijensi fiskal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.