Mentan Klaim Telah Turunkan Harga Kebutuhan Pokok, Fokus Selanjutnya Daging Sapi

Kompas.com - 03/06/2016, 16:03 WIB
 Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat meninjau Operasi Pasar Daging Ayam Murah di Pasar Ceengkareng Jakarta Barat, Kamis (2/06/2016). PRM Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat meninjau Operasi Pasar Daging Ayam Murah di Pasar Ceengkareng Jakarta Barat, Kamis (2/06/2016).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengklaim telah menurunkan harga empat komoditas pokok.

Empat bahan pokok yang dimaksud Mentan di antaranya, beras, bawang merah, daging ayam, dan minyak goreng ke level terjangkau di tingkat konsumen. Fokus selanjutnya adalah menurunkan harga daging sapi.

"Sebagaimana instruksi Presiden kepada Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, Menteri BUMN, yang ingin harga-harga komoditas utama turun, sudah dijalankan satu per satu. Beras sudah turun, bawang merah, daging ayam, dan minyak goreng juga sudah. Kita selesaikan satu-satu," ujar Amran Jumat (3/06/2016).

Amran mengatakan stok sebesar 1.800 ton daging sapi saat ini sudah di tangan Perum Bulog dan sudah dilepas melalui operasi pasar yang tersebar di berbagai daerah.

"Kami sudah sebar. Masih akan datang lagi dalam jumlah besar segera. Kita sudah melepaskan rekomendasi impor 500.000 ekor sapi ekor," ujarnya.

Amran menjelaskan, jumlah tersebut belum menyentuh separuh dari total impor yang telah ditentukan yakni 27.000 ton.

Sementara itu, Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf mengatakan dengan kuota impor puluhan ribu ton itu, instruksi Presiden untuk turunkan harga daging harusnya sudah bisa diimplementasikan.

"Pasokan daging sapi harusnya sudah stabil di pasar-pasar tradisional," ucap Syarkawi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.