Ini 3 Strategi Cerdas Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Kompas.com - 06/06/2016, 12:00 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pensiun merupakan salah satu tujuan finansial akhir dari sebagian besar orang. Tentunya, hampir tidak ada orang yang terus menerus ingin bekerja seumur hidup, bukan?

Persiapan pensiun ini tentunya perlu dilakukan sejak dini agar kamu tidak sampai pusing di masa tua nanti.

Berikut ini merupakan 3 strategi cerdas mempersiapkan dana pensiun sejak dini:

1. Bentuklah tabungan dana darurat
Dana darurat berfungsi untuk antisipasi atas berbagai kejadian tidak terduga. Dana ini akan sangat berguna untuk menunjang hidup kamu jika terjadi keadaan darurat seperti bisnis kamu bermasalah besar atau kehilangan pekerjaan.

Normalnya, kamu perlu membentuk dana darurat sebesar 6 bulan biaya hidup sehari-hari. Mulailah menyisihkan sedikit lebih banyak penghasilan kamu setiap bulan.

Sebagai contoh, jika penghasilan kamu saat ini Rp 3 juta per bulan, maka kamu dapat menyisihkan 10 persen atau sekitar Rp 300 ribu per bulan untuk mulai membentuk dana cadangan.

Apabila biaya hidup kamu mencapai Rp 2 juta per bulan, maka dalam 40 bulan atau 3,5 tahun saja kamu sudah siap dengan dana cadangan tersebut.

Jangan lupa berhemat untuk mempercepat terkumpulnya dana darurat. Kamu bisa gunakan dana ini sebagai tambahan dana pensiun kalau tidak pernah terpakai.

2. Hapus hutang kamu
Hutang merupakan salah satu prioritas utama yang perlu dihapuskan sebelum memasuki masa pensiun.

Akan lebih bijaksana bilamana kamu mulai meyisihkan penghasilan kamu sedikit demi sedikit untuk mulai menghapus hutang tersebut, seperti KPR atau mungkin pinjaman dari saudara untuk memulai usaha sendiri.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.