Meningkat, Kebutuhan Uang Tunai pada Ramadhan dan Idul Fitri Capai Rp 160,4 Triliun

Kompas.com - 06/06/2016, 16:28 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan jumlah kebutuhan uang tunai untuk keperluan bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri pada tahun 2016 bakal melonjak.

Bank sentral memprediksi, kebutuhan uang (outflow) periode Ramadhan dan Idul Fitri 1437 H atau 2016 sebesar Rp 160,4 triliun.

Prediksi itu lebih tinggi dibandingkan realisasi outflow pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp 140 triliun.

Adapun jumlah uang yang disiapkan oleh BI sama dengan jumlah kebutuhan yang diperkirakan tersebut.

"Dalam siklus peredaran uang, ini yang  tertinggi dalam 9 tahun, dengan pertumbuhan mencapai 14,7 persen. Tahun lalu penarikan uang oleh masyarakat mencapai Rp 140 triliun," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi di Jakarta, Senin (6/6/2016).

Proyeksi kenaikan outflow tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu pembayaran gaji ke-13 dan ke-14 bagi PNS/TNI/Polri serta jumlah hari libur yang lebih banyak dibandingkan tahun 2015.

Selain itu, pelaksanaan libur Ramadhan yang bertepatan dengan periode liburan sekolah, serta penambahan titik dan frekuensi penukaran baik oleh BI maupun perbankan.

Suhaedi mengungkapkan, hampir seluruh uang yang disediakan oleh BI untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri adalah uang baru.

Menurut dia, 90 persen uang yang diedarkan itu adalah uang berkategori Hasil Cetak Sempurna (HCS).

Proyeksi outflow diperkirakan akan didominasi oleh uang pecahan besar yakni Rp 20.000 ke atas yang diperkirakan akan mencapai 92 persen dari total outflow.

Adapun sisanya sebesar 8 persen merupakan pecahan kecil yakni Rp 10.000 ke bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.