Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Lesu, Gaji CEO Burberry Dipangkas 75 Persen

Kompas.com - 07/06/2016, 12:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC.com

LONDON, KOMPAS.com - CEO rumah mode asal Inggris Burberry, Christopher Bailey harus rela gajinya dipangkas 75 persen. Pasalnya, Buberry kini tengah berjuang menghadapi pertumbuhan bisnis yang melambat dan harga saham yang jatuh.

Gaji Bailey pada tahun fiskal 2015 mencapai 7,5 juta poundsterling. Akan tetapi, berdasarkan laporan keuangan tahunan Burberry, gaji Bailey pada tahun fiskal 2016 menjadi hanya 1,9 juta poundsterling.

Rumah mode Burberry tengah dihantam lemahnya daya beli di beberapa pasar utama Asia, salah satunya adalah Hong Kong.

Pada saat yang bersamaan, para wisatawan asal China yang melancong ke Eropa kini lebih sedikit membelanjakan uangnya untuk membeli barang mode mewah.

Bulan lalu, Burberry melaporkan laba tahunan turun 10 persen. Dalam kurun waktu 12 bulan, harga saham Burberry jatuh 35 persen.

Di 2015, Bailey menerima bonus sebesar 1,7 juta poundsterling. Pada 2016, besaran gaji pokok Bailey tetap berada pada posisi 1,1 juta poundsterling.

Meskipun demikian, ia menerima tambahan tunjangan sebesar 464.000 poundsterling dan pembayaran pensiun sebesar 330.000 poundsterling.

"Pendekatan keseluruhan kami terkait struktur insentif bagi semua pegawai, termasuk manajemen senior berdasarkan pada kinerja. Ketika bisnis tidak berjalan dengan baik, tentu saja ini berdampak kepada besaran gaji yang kami bayarkan kepada staf kami," ujar pimpinan Burberry, John Peace.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com