T3 "Ultimate" Rampung, Kereta Bandara Masih Terbentur Masalah Klasik

Kompas.com - 10/06/2016, 08:00 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (9/6/2016) Yoga Sukmana/Kompas.comDirektur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (9/6/2016)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah siap dioperasikan dalam waktu dekat. Lantas bagaimana dengan kereta bandaranya?

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan jalur kereta ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta masih terkendala persoalan klasik, yaitu lahan.

"Tinggal finalisasi daripada tanah. Hal itu yang ngurusin tanah kan KAI kita support aja," ujar Budi usai buka puasa bersama wartawan di Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Seperti diketahui, pemerintah melalui dua BUMN yakni AP II dan KAI berhasrat membangun jalur kereta bandara ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tujuanya, memberikan alternatif transportasi umum ke bandara selain taksi dan bus.

Rencananya, kereta bandara akan beroperasi dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dengan total jarak sepanjang 36,3 km yang terdiri dari 24,2 km jalur eksisting dan 12,1 km jalur baru.

Namun jalur baru dari Batu Ceper ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta ternyata masih yang terkendala lahan.

Budi Karya belum tahu kapan pastinya kereta bandara bisa beroperasi. Hanya saja ia berharap akan persoalan lahan bisa segera diselesaikan sehingga kereta bandara bisa segera dioperasikan.

"Jadi insyaallah kalau ini selesai, masalah tanah selesai, konstruksi itu akan cepat sekali," kata Budi Karya.

Kompas TV Terminal 3 Ultimate Siap Beroperasi Saat Lebaran

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X