Tony Fernandes: Investor Asing Bawa Industri Penerbangan Terbang Lebih Tinggi

Kompas.com - 10/06/2016, 15:53 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Industri penerbangan di kawasa Asia Tenggara terus bergeliat apalagi beriringan dengan maraknya bisnis penerbangan murah atau low cost carrier (LCC).

Namun demikian, bergeliatnya industri penerbangan di Asean dianggap masih belum maksimal. Salah satunya disebabkan masih dibatasinya investor asing pada sektor penerbangan, yakni maksimal 49 persen.

Masuknya investor asing dinilai mampu membawa industri penerbangan bisa terbang lebih tinggi.

World Economic Forum menyebutkan jika kepemilikan asing di sektor aviasi dilonggarkan di atas 49 persen, hal itu akan lebih banyak membuka lapangan pekerjaan.

CEO AirAsia Tony Fernandes adalah salah satu pihak yang mendorong agar kepemilikan asing di sektor penerbangan dilonggarkan, utamanya di negara-negara Asean.

Terkait dengan hal ini, Kompas.com mewawancarai Tony Fernandes di kantor operasional AirAsia di Kuala Lumpur International Airport, Kamis (9/6/2016) dalam suasana yang santai. Berikut petikannya:

Boleh dijelaskan, bagaimana industri penerbangan di Asean saat ini?

Kami melihat di Asean industri penerbangan sedang bergerak cepat. Ada Lion Air di Indonesia, VietJet di Vietnam, Tiger Air di Singapura dan sebagainya. Industri ini akan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara Asean jika investor asing diizinkan untuk memiliki saham di atas 49 persen.

Tahap pertama sudah dimulai dengan open sky, kemudian membentuk Asean Regulatory Body, kemudian saat ini yang perlu dilakukan adalah pelonggaran kepemilikan asing. Karena itu, yang menjadi konsen kami adalah pelonggaran kepemilikan, di samping juga pajak.

Khusus untuk di Indonesia, saya bertemu dengan Menteri Keuangan untuk membicarakan kemungkinan pemangkasan pajak untuk industri penerbangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.