Kompas.com - 11/06/2016, 10:58 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Saleh Husin menjelaskan bahwa suksesnya program swasembada pangan merupakan tanggung jawab bersama.

Menurut Saleh, Kementerian Perindustrian juga berperan menyukseskan swasembada pangan yakni ketika pasca panen saat hasil pertanian itu diolah.

"Maka kami akan upayakan di sektor pengolahan ini, sehingga hasil pertanian yang dihasilkan oleh para petani kemudian diolah dengan baik, kemudian bisa dipasarkan,” ujar Menperin Saleh Husin Jumat di Jakarta.

Saleh menambahkan, dengan adanya rapat koordinasi lintas kementerian, setiap kementerian menjadi punya peran dalam terlaksananya swasembada pangan terutama untuk ketersediaan pangan bagi masyarakat dan kestabilan harga di pasar.

"Dalam rapat maraton tadi, Kementerian Perindustrian bersama para pelaku industri penghasil minyak, tepung terigu dan lainnya bersepakat akan melakukan pasokan yang tidak terbatas," jelas Saleh.

"Kami di sektor pengolahan akan bekerja semaksimal mungkin sehingga hasil panen petani bisa memiliki nilai jual yang baik, petani tidak rugi dan konsumen juga tidak merasa ditekan dengan harga yang tinggi,” ujarnya.

"Kerjasama lintas kementerian yang dilakukan akan memperhatikan sisi pelaku usaha, sisi distribusi atau koperasi untuk bisa memangkas mata rantai yang panjang selama ini, sehingga dari produsen dan konsumen diperoleh harga wajar," pungkas Saleh.

"Kalau dari sisi industri kita akan memperhatikan pasokan selama Ramadan dan Lebaran,  bagaimana kebutuhannya. Intinya dari rapat ini kita ingin bahwa konsumen benar-benar mendapatkan harga yang wajar," tambah Saleh Husin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.