Kemenperin Minta Tambahan Anggaran 2017 Sebesar Rp 3,51 Triliun

Kompas.com - 14/06/2016, 10:45 WIB
Empat Menteri Kabinet Kerja, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Menteri Koperasi UKM AAGN Puspayoga dalam Rapat Koordinasi Distribusi Pangan di Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (10/6/2016). Pramdia ArhandoEmpat Menteri Kabinet Kerja, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Menteri Koperasi UKM AAGN Puspayoga dalam Rapat Koordinasi Distribusi Pangan di Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (10/6/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian mengusulkan tambahan anggaran tahun 2017 sebesar Rp 3,51 triliun berdasarkan program prioritas nasional untuk mencapai sasaran dan target pembangunan industri pada tahun depan.

Sebelumnya, dalam pagu indikatif tahun 2017, Kemenperin mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 3,16 triliun.

Sehingga total alokasi anggaran yang diusulkan untuk 2017 menjadi lebih dari Rp 6 triliun. Hasil kesimpulan raker, Komisi VI DPR RI dapat memahami.

"Selanjutnya akan disampaikan ke Badan Anggaran DPR RI dan akan dibahas sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Adapun rincian alokasi belanja Rp 3,16 triliun tersebut, yaitu untuk belanja pegawai sebesar Rp 697 miliar, belanja operasional yang meliputi biaya operasional perkantoran, pemeliharaan peralatan kantor maupun gedung sebesar Rp 169 miliar, serta belanja non-operasional sebesar Rp 2,29 triliun.

Sementara itu, kegiatan yang akan diprioritaskan Kemenperin pada 2017 berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, diantaranya Pengembangan Kawasan Industri seperti pembangunan jalan poros di Kawasan Industri Bitung, Palu, Sei Mangke, Landak, dan Bantaeng.

“Kami juga akan melakukan penataan dan pematangan lahan di Kawasan Industri Bitung,” ujar Menperin.

Program prioritas selanjutnya, yaitu peningkatan populasi industri dengan menumbuhkan sebanyak 1.170 Wirausaha Industri Baru melalui program pelatihan, bantuan start up dan pendampingan.

Kompas TV Jokowi: Anggaran Rp 220 Triliun Segera Dibelanjakan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X