Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Penjualan Mobil Astra International Meningkat

Kompas.com - 14/06/2016, 11:15 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang hari raya Lebaran penjualan mobil PT Astra International Tbk (ASII) mengalami peningkatan sebesar 4 persen. Peningkatan tersebut seiring meningkatnya masyarakat kelas menengah yang membutuhkan mobil untuk kebutuhan tersier.

"Menjelang Lebaran penujualan naik, di awal Mei banyak yang pesan Fortuner dan Innova, dampaknya bisa dirasakan pada pertengahan Mei sudah terlihat," ujar Investor Relation Astra International, Ira Ardianti di Jakarta, Senin (13/6/2016).

Ira menuturkan, peningkatan penjualan mobil memang biasa terjadi pada menjelang perayaan Lebaran. "Paling banyak itu jenis mobil untuk keluarga yang banyak dipesan," terangnya.

Namun demikian, pihaknya masih pesimistis terkait pertumbuhan penujualan otomotif pada tahun ini. Mengingat pertumbuhan ekonomi masih belum stabil.

"Mobil dan motor tahun ini flat, jualan sampai Mei juga turun kan angkanya," imbuh Ira.

Menurut Ira, penjualan motor akan mengalami penurunan terkait harga komoditas yang tinggi di masyarakat. Masyarakat lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu.

"Motor turun terutama di daerah terkait komoditas. Tahun ini orang punya uang digunakan ke basic food, health care," terangnya.

Dirinya pun belum bisa memperkirakan kondisi pasar otomotif ke depan. Namun, jika dilihat pergerakannya, cenderung masih akan flat.

"Ke depan seperti apa masih tanda tanya, mudah-mudahan ekonomi membaik sehingga tutup tahun yang penjualan flat bisa naik. Prediksi penjualan kita flat mobil dan motor sampai Mei," pungkasnya.

Kompas TV Penjualan Otomotif Terus Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com