Kepala BKF: Pertumbuhan Ekonomi 5,2 Masih Bisa Dicapai

Kompas.com - 15/06/2016, 19:03 WIB
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara seusai Rapat Kerja dengan Banggar DPR, di Jakarta (15/6) Ahmad FauziKepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara seusai Rapat Kerja dengan Banggar DPR, di Jakarta (15/6)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara menyatakan, asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen masih bisa dicapai.

"Kemenkeu posisinya 5,1 realistis, 5,2 pun bisa kami capai. Kami siap kerja," kata Suahasil saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Suahasil mengatakan perlu upaya yang keras untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen tersebut.

Salah satunya adalah percepatan penyerapan anggaran.

"Percepat penyerapan anggaran adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi 2016. Kalau pengeluaran November efeknya cuma dua bulan, tapi kalau pengeluarannya Maret-Mei bisa 7-8 bulan multiplier effect-nya," ucap Suahasil.

Suahasil menuturkan, pengeluaran pemerintah pada April-Mei di atas tahun lalu.

Sehingga, itu bisa dijadikan sumber optimisme pertumbuhan ekonomi 2016.

"BI juga selalu katakan masih ada ruang pelonggaran moneter. Kalau ini dikombinasikan semua, kita bisa dapat pertumbuhan ekonomi yang optimal," tutur Suahasil.

"5,1-5,2 itu realistis. 5,2 realistis karena semua sekarang kami usahakan untuk lebih cepat," pungkas Suahasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.