Kompas.com - 15/06/2016, 19:26 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), salah satu perusahaan pakan ternak, bibit ayam dan makanan olahan mendukung kebijakan Kementerian Pertanian terkait pembatasan impor jagung.

Presiden Direktur CPIN, Tjiu Thomas Effendy mengatakan, untuk meningkatkan swasembada pangan dalam negeri, pihaknya menyerap jagung lokal sebagai bahan baku produksi perseroan untuk pakan ternak.

"Kita sangat mendukung program pemerintah untuk mensukseskan program swasembada. Masak kita import terus," ujar Presiden Direktur CPIN, Tjiu Thomas Effendy di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Thomas menyebutkan, jagung lokal yang dipilih perseroan didapatkan dari PT Badan Urusan Logistik (Bulog) sekitar 3.800 hingga 3.900 ton.

Besaran itu lebih dari yang dianjurkan Menteri Pertanian di angka 3.150 ton.

"Kita sangat intensif untuk membeli jagung lokal. Sebenarnya Mentan berikan garis minimum 3.150 dengan kadar air 15 persen. Terakhir kita beli 3.800 sampai 3.900 ton," tuturnya.

Lebih jauh Thomas mengungkapkan, meskipun ketersediaan pasokan jagung mengandalkan musim, perseroan tidak khawatir dengan keterlambatan pasokan bahan produksi.

Sebab, perseroan memiliki pabrik pengeringan jagung yang dapat membantu kelancaran produktifitas.

"Jagung itu musiman, kalau enggak musim panen ya susah. Tapi Maret April kemarin relatif oke, kita bisa dapat bahan baku dari lokal. Kita punya beberapa pabrik, dari tiap pabrik punya pengering," pungkas Thomas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.