Tahan Suku Bunga, "Brexit" Jadi Alasan The Fed

Kompas.com - 16/06/2016, 12:30 WIB
Gedung Bank Sentral Amerika (The Fed). Dok Kontan.co.idGedung Bank Sentral Amerika (The Fed).
|
EditorAprillia Ika

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank sentral AS Federal Reserve memutuskan untuk menahan suku bunga acuan Fed Fund Rate antara 0,25 dan 0,5 persen.

The Fed mempertimbangkan pasar tenaga kerja AS yang masih dirundung ketidakpastian.

Tidak hanya itu, The Fed juga menyatakan bakal mengambil jalur lambat dalam hal kenaikan suku bunga ke depan.

Dalam keputusannya, salah satu hal yang dipertimbangkan The Fed adalah referendum kemungkinan Inggris keluar dari Uni Eropa, yang dikenal dengan istilah Brexit.

Gubernur The Fed Janet Yellen mengatakan, referendum yang akan diselenggarakan pada 23 Juni 2016 mendatang jelas merupakan keputusan yang amat penting bagi Inggris maupun Uni Eropa.

Keputusan referendum, ujar Yellen, dapat memberi konsekuensi terhadap kondisi ekonomi dan keuangan global.

"Jika demikian, maka akan menimbulkan konsekuensi dalam outlook ekonomi AS yang dapat menjadi faktor dalam memutuskan langkah kebijakan yang tepat," jelas Yellen seperti dikutip dari BBC, Kamis (16/6/2016).

The Fed tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait kapan suku bunga acuan akan disesuaikan.

Namun, kesempatan untuk menaikkan suku bunga acuan sebenarnya terbuka ketika komite FOMC melakukan pertemuan pada bulan Juli 2016 mendatang.

"Melanjutkan kehati-hatian dan meningkatkan sasaran suku bunga kami akan memungkinkan kami untuk memverifikasi bahwa pertumbuhan ekonomi akan kembali ke kecepatan moderat, bahwa pasar tenaga kerja akan lebih kuat, dan inflasi yang akan terus menuju tujuan kami di 2 persen," ungkap Yellen.

Dalam pernyataannya, The Fed mengungkapkan, laju perbaikan pada pasar tenaga kerja melambat.

Meskipun demikian, aktivitas perekonomian akan meningkat pada laju moderat dan indikator pasar tenaga kerja akan meningkat, sejalan dengan kenaikan suku bunga secara moderat.

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?



Sumber BBC.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X