IBST Anggarkan Belanja Modal Rp 875 Miliar untuk Bangun dan Akuisisi Tower

Kompas.com - 17/06/2016, 16:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST) sepanjang 2016 menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 875 miliar.

Direktur Independen IBST, Alex Rontuweni mengatakan, perseroan akan menggunakan dana tersebut untuk membangun 1.554 tower 4G/LTE.

"Tekhnologi yang terus berkembang membutuhkan tower yang lebih banyak," ujar Alex di Jakarta, Jumat (17/6/2016).

Menurut Alex, pembangunan tower 4G/LTE akan tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Karena pangsa pasar terbesar masih berada di kota-kota besar.

"Kebanyakan di kota-kota besar, pulau Jawa masih yang terbesar, selain itu kita juga mengembangkan ke Kalimantan, Sulawesi dan masih banyak daerah lainnya," tutur Alex.

Alex menuturkan, belanja modal sepanjang tahun 2016 didapatkan perseroan dari internal dan pihak ketiga. Adapun serapan capex hingga kuartal pertama tahun 2016 telah terserap sebesar 25 persen.

"Sudah seperempat serapannya, penggunaan capex sudah sesuai dengan rencana bisnis perseroan dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian yang ada," ucapnya.

Dari 1.554 tower baru yang akan dibidik, pihaknya akan fokus untuk mengembangkan aset tersebut secara organik. Pihaknya juga akan mengincar akuisisi tower yang ada.

"Sekitar 90 persen kita fokuskan pengembangan tower secara organik. Tapi kita alokasikan juga 10 persen untuk akuisisi, tetapi untuk yang akuisisi tower belum bisa dipublikasikan," pungkas Alex.

Kompas TV Inilah Faktor Penyebab Orang Ganti Smartphone
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.