Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Properti Naik, IHSG Ditutup Mencuat

Kompas.com - 17/06/2016, 16:16 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan (17/6/2016), didorong oleh kenaikan sektor properti dan industri dasar.

IHSG ditutup naik 20,75 poin atau naik 0,43 persen ke level 4.835,14. Sebelumnya, IHSG menyentuh level terendah di zona merah, di 4.806,59.

Sektor properti naik 2,45 persen didorong angin segar aturan pelonggaran LTV oleh Bank Indonesia, serta turunnya suku bunga acuan BI Rate ke level 6,5 persen.

Sementara itu, sektor industri dasar juga terkena sentimen positif penurunan suku bunga BI Rate dengan kenaikan 1,79 persen.

Dari 10 indeks sektoral pendukung bursa, hanya sektor pertambangan dan keuangan yang mengalami penurunan.

Dari data RTI, pada perdagangan Jumat ini sebanyak 5,47 miliar saham diperdagangkan. Dengan nilai transaksi Rp 5,97 triliun.

Sebanyak 175 saham ditutup menguat, 117 saham ditutup menurun dan 89 saham ditutup tetap. Net foreign buy di semua papan perdagangan Rp 83,1 miliar. Sejumlah saham penggerak bursa yakni TLKM, BBRI, HMSP.

Kompas TV Asosiasi Broker Bakal Batasi Komisi Jual Beli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com